Selasa, 11 Oktober 2011

TUGAS 5

Etika bisnis merupakan penerapan tanggung jawab sosial suatu bisnis yang timbul dari dalam perusahaan itu sendiri dimana bisnis selalu berhubungan dengan kegiatan dan masalah-masalah dalam keseharian perusahaan

1. sebutkan dan jelaskan 5 pergaulan bisnis yang terkait dalam perusahaan tersebut !
  • Hubungan antara bisnis dengan langganan/konsumen
Merupakan pergaulan antara konsumen dengan produsen dan paling banyak ditemui. Berikut beberapa contohnya:
a)    Kemasan yang berbeda-beda menyulitkan konsumen untuk membandingkan harga terhadap produk.
b)    Kemasan membuat konsumen tidak dapat mengetahui isi didalamnya, sehingga diperlukan penjelasan tentang isi serta kandungan yang terdapat dalam produk tersebut.
c)    Promosi, terutama iklan merupakan gangguan etis yang paling utama.
d)    Pemberian servis dan garansi sebagai bagian dari layanan purna jual.
  • Hubungan dengan karyawan
Bentuk hubungan ini meliputi; penerimaan, latihan, promosi, transfer, demosi maupun pemberhentian. Dimana semua bentuk hubungan tersebut harus dijalankan secara objektif dan jujur.
  • Hubungan antar bisnis
Merupakan hubungan yang terjadi diantara perusahaan, baik perusahaan kolega, pesaing, penyalur, grosir maupun distributornya.
  • Hubungan dengan investor
Pemberian informasi yang benar terhadap investor maupun calon investor merupakan bentuk hubungan ini. Sehungga dapat menghindari pengambilan keputusan yang keliru.
  • Hubungan dengan lembaga-lembaga keuangan
Hubungan dengan lembaga keuangan, terutama Jawatan Pajak pada umumnya merupakan hubungan yang bersifat financial, berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan.

sumber : http://fauziyah.ngeblogs.com/tag/pengantar-bisnis/ 
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/tanggung-jawab-sosial-suatu-bisnis-19/

1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus